Selasa, 06 Maret 2012

perubahan musik indonesia

PERUBAHAN MUSIK INDONESIA TIAP DEKADE

Posted by faizmh™ - Marcomm Counselor pada Desember 15, 2008
 
 
 
 
 
 
1 Votes
Masih inget dengan acara musik di SCTV tahun 90, nama acaranya ZIMFONI selain itu ada juga acara Video Musik Indonesia. Selama beberapa bulan ini, saya mencoba untuk mereview perkembangan musik Indonesia saat ini dan flash back pada perkembangan musik Indonesia satu dekade yang lalu (90an), bahkan (80an).
Dulu saya sempet membaca sebuah tulisan di media (saya lupa tahun berapa) yang menjelaskan bahwa dunia musik di Indonesia setiap dekade itu berubah seleranya. Pada tahun ini, musik-musik pop menjadi “Tuhan” industri musik saat ini, Dan coba kita flash back sepuluh tahun silam, saat itu kalo gak salah musik melayu Malaysia menjadi ”raja” di Indonesia. Kesamaan aliran seperti ini sepertinya akan menjadi fase yang sama terhadap pola perubahan selera musik masyarakat Indonesia.
Coba sekarang perhatikan musik band Radja dan Ada band. Menurut pandangan pribadi saya, musik mereka saat sudah sangat berbeda. Perubahan selera pasar saat ini sepertinya terfokus pada lagu-lagu seperti ST12, dan Seventeen. Jika saya perhatikan musik-musik seperti itu sepertinya hampir sama, dan menurut saya usia lagu-lagu seperti itu sepertinya akan berubah.
Sekarang coba kita perhatikan, berapa band yang pada jaman 90an masih eksist di tahun 2000? GIGI, DEWA 19, NETRAL, masih eksist di tahun sekarang. Sekarang coba perhatikan band-band yang di tahun 90an ada tapi sekarang gak ada? Dr.PM, SCOOP, ect, gimana kabar mereka? Hmm…selera pasar sungguh sangat unik, sangat bisa cepat berubah. Namun hal itulah yang harus diperhatikan jika kita mau serius di dunia musik.
Perkiraan pribadi saya, di tahun 2009 adalah tahun dimana musik Indonesia akan semakin kompleks atau menjadi titik menuju puncak dimana banyak band-band yang gak jelas dan aneh-aneh akan muncul. Selain itu, fenomena anehnya adalah munculnya acara-acara ti televise local yang membuat acara yang menayangkan video klip musik, dan MTV Indonesia pun semakin gak jelas eksistensinya sebagai stasiun televise yang full musik.
Apakah telinga kita gak kangen dengan ditayangkannya lagu-lagu barat baru? Sekarang yang ada dan kebanyakan lagu Indonesia. Tulisan ini hanyalah pandangan saya tentang perkembangan musik Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost
Free Tail 2 Cursors at www.totallyfreecursors.com
Free Dance Dance Revolution 8 Cursors at www.totallyfreecursors.com